Penjelasan Singkat mengenai Kartu Debit

Ristizona.com - Penjelasan Singkat mengenai Kartu Debit. Kartu debit merupakan sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh Bank. Kartu ini berfungsi sebagai pengganti pembayaran melalui uang tunai. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan bank anda di bank penerbit kartu tersebut. Fungsi lain dari kartu debit yaitu untuk memudahkan pembayaran ketika berbelanja tanpa harus membawa uang tunai. Dalam beberapa kasus, nomor rekening primer diberikan secara eksklusif untuk digunakan di Internet dan tidak ada kartu fisik.

Penggunaan kartu debit ini telah dipergunakan secara luas karena dapat menggantikan pembayaran melalui cek ataupun uang tunai. Tidak seperti kartu kredit dan kartu bayar, pembayaran menggunakan kartu debit dapat langsung ditransfer dari rekening bank pemegang kartu, bukan mereka membayar kembali uang tersebut di kemudian hari.

Kartu debit biasanya juga memungkinkan untuk penarikan uang tunai secara instan, karena dapat bertindak sebagai kartu ATM untuk penarikan tunai. Penjual/pemilik usaha mungkin juga menawarkan fasilitas Cashback untuk pelanggan, dimana pelanggan dapat menarik uang tunai bersama dengan pembelian mereka.