3 Tips Menghilangkan Bau Mulut

Ristizona.com - Siapa yang tidak terganggu dengan bau mulut yang menyegat?.Bau mulut memang sangat mengganggu aktifitas Anda, selain itu bau mulut juga bisa membuat Anda tidak percaya diri. Memang berbagai cara bisa di lakukan untuk mengusirnya seperti dengan memakan permen mint, menggosok gigi, dan berkumur, namun ketiga cara tersebut bersifat sementara dalam artian bau mulut Anda pasti datang kembali.

Menghilangkan Bau Mulut

Menurut para peneliti, penyebab dari bau mulut adalah adalah VSC yang bisa di sebut juga volatile sulfur compounds (VSC). VSC bisa membuat Halitosis yang artinya suatu keadaan di mana tercium bau mulut yang tidak sedap saat kita bicara. VSC di sebabklan karena adanya hubungan bakteri dengan penyakit gusi atau di antara celah gigi yang sedang berlubang.

Selain itu, menurut para peneliti lidah juga berpengaruh penting pada munculnya bau mulut ini. Lidah mempunyai permukaan yang kasar yang memungkinkan VSC untuk mengendap dan tinggal di sana. Berikut tim Ristizona berikan tips yang sudah kami dapatkan dari berbagai jurnal kesehatan untuk menghilangkan bau mulut yang sering menggangu Anda.

Mulut Jangan Sampai Kering

Saat mulut kita mengering, sel-sel yang mati akan terbentuk pada permukaan gusi dan lidah. Kurangnya air liur untuk menghilangkannya, beberapa bakteri akan menyantap sel-sel mati itu untuk mengembangkan diri dan inilah penyebab faktor bau mulut yang sering kita alami, Kata seorang peneliti bernama Dr. Kinane.

Untuk mengatasi mulut kering, kita bisa mengambil air dan menggunakannya untuk berkumur. Jika ada obat kumur anda juga bisa menggunakannya untuk lebih bisa membunuh kuman atau bakteri yang bersarang di mulut anda.

Buat Bersih Lidah Anda

Permukaan lidah yang bersih akan terbebas dari VSC yang bilamana VSC menguap, akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk membuatnya bersih, Anda bisa menggunakan alat khusus pembersih lidah yang sudah banyak di jual di pasaran. Lakukan dengan cara membersihkan dari belakang terus kearah depan dan lakukan secara berulang sampai benar-benar bersih dan. satu tips lagi, jangan sampai menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah Anda, karena hanya akan memindahkan kuman dari gigi ke lidah anda.

Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Cara ini memang biasa yang dilakukan untuk mengusir bau mulut, anda perlu menyikat gigi di saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi memang sangat penting karena akan membersihkan sisa-sisa makanan di gigi anda dan menjaga gigi dan gusi kita agar tetap sehat.

Perlu kita ketahui, infeksi pada gusi dan gigi adalah faktor utama penyebab bau mulut. Jadi gigi dan gusi yang sehat sudah di pastikan kita terbebas dari bau mulut. Dan sebagai himbauan, lakukan konsultasi pada dokter gigi untuk mengetahui kondisi kesehatan mulut anda.