Cara Mencuci Hijab dengan Mesin Cuci

Ristizona.com - Menjaga kebersihan Hijab meruapakan hal yang wajib dilakukan oleh para kaum muslimah. Selain untuk menutupi aurat tubuh, hijab juga melindungi rambut dari debu, panas matahari, dan tetesan air hujan. Oleh karena itu hijab yang telah melindungi kita sebaiknya selalu diperhatikan kebersihannya.

Cara Mencuci Hijab dengan Mesin Cuci

Mencuci Hijab adalah salah satu cara agar kebersihan hijab yang kita kenakan terjamin. Debu yang menempel serta bau apek yang menempel di hijab akan langsung hilang ketika selesai di cuci. Namun banyak orang yang ogah dan takut untuk mencuci Hijab menggunakan mesin cuci, kenapa hal ini terjadi ?

Banyak wanita muslimah beranggapan bahwa mencuci hijab dengan mesin cuci dapat merusak hijab apalagi yang memiliki banyak ornamen-ornamen. Sehingga para pengguna hijab lebih suka mencuci menggunakan tangan untuk menjaga hijab agar tidak rusak.

Sebenarnya ada beberapa cara mencuci hijab dengan mesin cuci yang benar sehingga tidak akan merusak hijab kesayangan Anda. Nah berikut ini Cara Mencuci Hijab dengan Mesin Cuci yang Benar :

Cara Mencuci Hijab dengan Mesin Cuci yang Benar
  1. Sebelum memasukkan hijab kesayangan Anda ke dalam mesin cuci, sebaiknya terlebih dahulu Anda pisahkan hijab yang akan di cuci berdasarkan warnanya. Pisahkan berdasarkan warna gelap dan terang untuk mengurangi resiko warna hijab luntur. Khusus hijab yang berwarna putih sebaiknya di cuci terpisah dengan warna lain.
  2. Selalu setting ke mode "delicates" atau "gentle" untuk mencuci hijab kesayangan Anda. Penggunaan mode yang terlalu cepat atau kencang akan dapat merusak hijab kesayangan Anda.
  3. Usahakan hindari air hangat untuk mencuci hijab, lebih baik gunakan air dingin untuk menjaga warna agar tidak luntur.
  4. Atur waktu + 15 menit saja karena pada dasarnya hijab yang kita pakai kotor karena debu yang termasuk noda ringan.
  5. Setelah selesai pencucian menggunakan mesin cuci, selalu periksa apakah masih ada noda yang tetap menempel. Jika masih ada noda, Anda dapat menggunakan fungsi pre-wash dan gunakan detergen cair untuk memperoleh kebersihan maksimal.
  6. Terakhir, keringkan hijab dengan menggunakan putaran terendah (slow spin) dan jangan memeras hijab terlalu keras karena dengan diremas-remas saja sudah cukup untuk membuat kering basah hijab kesayangan Anda.

Itulah Cara Mencuci Hijab dengan Mesin Cuci yang Benar, semoga bermanfaat !!