5 Dosa Yang Pernah Dilakukan Acara 'Yuk Keep Smile'

Ristizona.com - Meskipun acara Yuk Keep Smile (YKS) menjadi salah satu acara terpopuler, ternyata acara yang ditayangkan di Trans TV ini juga banyak yang tidak menyukainya.

Hal ini karena selain sering melakukan pelecehan atau kekerasan fisik, candaan Yuk Keep Smile pun dianggap tak mendidik dan sudah melewati batas sehingga membuat banyak orang meminta agar tayangan ini dihentikan.

Seperti apa pelecehan yang pernah dilakukan dalam acara yang memperkenalkan dengan goyang Caisar tersebut? berikut daftarnya

1. Parodikan Pengamat Musik
Tahun lalu, dua tokoh pengamat musik Denny Sakrie dan Bens Leo menjadi korban parodi para presenter YKS di tayangan tersebut.

Melalui akun twitternya, Denny Sakrie mengungkapkan kekecewaanya pada program ini. Denny merasa dilecehkan karena ia dan Bens Leo diparodikan oleh pelawak Deni Cagur serta Kiwil dengan cara yang kurang pantas. Menurutnya, hal tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh mereka.

2. Melecehkan Ulama
Dalam Yuk Keep Smile edisi 23 Januari 2014, Presenter Omesh menirukan gaya ceramah beberapa ustadz seperti Aa Gym, Arifin Ilham, Mama Dedeh, Yusuf Mansyur hingga almarhum Uje dan KH Zainuddin MZ .

Omesh menyapa penonton yang hadir dengan menirukan gaya bicara Aa Gym. Penampilan Omesh menjadi keterlaluan saat ia melafalkan doa yang dilakukan hanya untuk candaan. Aksi ini pun dikecam banyak orang.

3. Menyinggung Fans Liverpool
Dalam edisi 22 Mei 2014 ini, Omesh yang merupakan fans berat Liverpool, diledek oleh Raffi Ahmad, Bopak Castello dan Adul. Mereka bertiga merupakan fans berat Manchester United.

Banyak orang menyesalkan candaan mereka yang mem-bully Omesh. Tak hanya itu saja, tiga host tersebut bahkan memaksa Omesh mengenakan jersey Manchester United. Atas perbuatan mereka ini, media sosial pun ramai menghujat, YKS pun didemo Liverpool Fans Club meminta untuk membuat permohonan maaf.

4. Menyuguhan Goyang Erotis
YKS dianggap menyuguhkan joget erotis dalam goyang oplosan. Dalam goyang oplosan ini, para pendukung Yuk Keep Smile bersama-sama menari di atas panggung, dan melakukan gerakan yang dianggap erotis. Karenanya, akhirnya mereka pun ditegur KPI.

KPI menemukan pelanggaran dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Tayangan Yuk Keep Smile melanggar pedoman untuk tidak menampilkan gerakan tubuh yaitu tarian dengan unsur erotis.

5. Melecehkan Benyamin S
Dalam episode Jumat 20 Juni 2014, nama almarhum Benyamin S dianggap dilecehkan. Awalnya, seorang illusionist bernama Ferdians Setiadi menghipnotis Caisar yang phobia terhadap anjing.

Ferdians menghipnotis Caisar dengan sebuah sugesti bahwa setiap anjing yang ia lihat nantinya adalah Benyamin. Caisar tertawa terbahak-bahak saat melihat ada anjing di hadapannya. Ia pun menyebut anjing tersebut sebagai Benyamin. Dan meledaklah kemarahan para penggemar tokoh Betawi itu di media sosial.

Atas laporan masyarakat, KPI Akhirnya menjatuhkan sanksi administratif penghentian sementara pada acara Yuk Keep Smile karena pelanggaran dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Komentar