5 Cara Mengembalikan Siklus Tidur Yang Sehat

Ristizona.com - Cara Mengembalikan Siklus Tidur Yang Sehat | Tidur itu penting, karena itu benar-benar membantu tubuh untuk mengatasi stres. Tubuh mempersiapkan untuk tidur di malam hari dengan mengeluarkan hormon melatonin ke dalam aliran darah, yang menyebabkan tubuh mengalami penurunan suhu dan kewaspadaan.

Sementara itu, pada siang hari, cahaya dari matahari benar-benar mencegah produksi melatonin. Bepergian ke zona waktu lain atau bahkan bekerja lebih banyak di malam hari dibandingkan siang hari dapat menyebabkan gangguan siklus tidur alami tubuh Anda. Jika ingin mengembalikan tidur anda secara efektif berikut tips yang dapat dilakukan:

tidur sehat

1. Makanlah buah-buahan dan sayuran serta mengonsumsi multivitamin
Jauhi makanan yang sangat halus dan makanan olahan berat, hal ini sangat penting untuk membantu Anda untuk menjaga kadar gula darah yang sehat, yang akan membantu untuk mencegah masalah siklus tidur. Selain itu, hindari makan setidaknya 12 jam sebelum Anda berencana untuk bangun. Sebaliknya, jika Anda ingin minum sesuatu sebelum tidur, cobalah minum teh herbal seperti chamomile atau markisa.

2. Melakukan Yoga
Yoga menggabungkan latihan pernapasan dan meditasi. Kegiatan beryoga ini dapat membantu mengurangi stres dan mengakibatkan lebih nyenyak, selain membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama.

3. Tidur tujuh atau delapan jam tidur setiap hari
Ini berarti Anda harus menghindari tidur di untuk tambahan satu atau dua jam pada akhir pekan atau pada hari libur. Tidur berlebihan membuat transisi ke waktu bangun biasa pada hari kerja berikutnya lebih sulit bagi tubuh Anda.

4. Rajin membuka tirai kamar tidur Anda setiap pagi hari
Tidur di ruangan gelap dapat memaksa Anda untuk bangun kesiangan. Selain itu, membuka tirai dipagi hari ketika Anda bangun dapat membiarkan sinar matahari masuk. Hal ini memicu tubuh Anda untuk menyesuaikan jam biologis untuk hari baru.

5. Menggunakan Suplemen alami dan Akupuntur
Jika dibutuhkan, anda dapat membeli dan menggunakan suplemen alami seperti serin fosfatidilkolin, yang membantu untuk mengembalikan jam biologis Anda dengan mengurangi stres. Selain itu, anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan lain seperti akupunktur (penggunaan jarum untuk merangsang berbagai titik tekanan pada tubuh). Akupunktur bisa membantu untuk meningkatkan melatonin malam hari dan membantu mengurangi kecemasan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.