Wah, Facebook Menghapus 5 Juta Akun Penggunanya!

Profil Facebook

Ristizona.com - Situs jejaring sosial Facebook yang memiliki lebih dari 950 juta pengguna tak segan untuk mengurangi jumlah penggunanya.

Penghapusan ini bukan lah tanpa sebab, akun yang dihapus merupakan akun yang dimiliki anak-anak yang sebenarnya belum diperbolehkan menggunakan situs Facebook. Hal ini berdasarkan Children's Online Privacy Protection Act (Coppa).

Aturan ini bertujuan menghentikan pelaku kejahatan cyber mencuri data pribadi anak-anak untuk kepentingan komersil atau lainnya yang dapat merugikan anak-anak.

Kebanyakan situs jejaring sosial seperti Facebook, memang tidak mengizinkan pengguna berusia di bawah 13 tahun menggunakan layanan mereka.

Penghapusan ini juga tak lepas dari aturan baru yang ditetapkan Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat, agar perusahaan dan website berhenti menyasar ke pengguna anak-anak.

Berdasarkan hasil penelitian Consumer Reports Juni lalu, Facebook mampu mengidentifikasi pengguna anak-anak dengan proses penyaringan berjenjang lalu "mengusir" mereka dari layanannya. Laporannya Facebook telah menghapus 800.000 pengguna dengan usia di bawah 13 tahun.

Studi ini juga memperkirakan ada kurang lebih 5,6 juta anak-anak yang menggunakan Facebook, termasuk yang membuat akun dengan bantuan orangtuanya. Tak lama lagi dipastikan Facebook akan menghapus akun-akun tersebut.

Komentar