Arti RT dan Cara Melakukan RT di Twitter

Ristizona.com - Bagi beberapa pengguna Twitter baru keberadaan RT pada mention tentu membuat sedikit membingungkan, namun janganlah khawatir sebab RT di twitter tidak sesulit yang anda kira. RT pada twitter tersebut merupakan singkatan dari Retweet yang berarti mengulang kembali tweet dari seseorang untuk dibagikan kepada follower anda sehingga follower juga dapat membaca tweet tersebut. Pada situs resmi twitter Retweet dijelaskan sbb:

A retweet is a re-posting of someone else's Tweet. Twitter's retweet feature helps you and others quickly share that Tweet with all of your followers.

Bagaimana cara melakukan RT?
Untuk melakukan RT sangatlah mudah, jika anda pengguna PC anda bisa melakukan RT dengan menekan tombol Retweet yang ada di bawah tiap tweet (lihat gambar).

cara rt retweet
img by twitter.com

Reply / Mention menggunakan RT
Sebagian besar pengguna indonesia sering menggunakan RT ini untuk melakukan mention. Jika anda tertarik untuk ikut menggunakan cara ini maka ada berbagai macam aplikasi twitter yang dibuat untuk memudahkan dalam melakukan RT sehingga yang bisa membuat nyaman dalam bermain twitter. Sebagai contoh, melakukan retweet pada twitter client Dabr sbb:

Handphone via http://m.dabr.co.uk
  • Pilih tweet yang akan di RT, kemudian klik tombol Retweet yang ada pada menu.
menulis RT
cara ReTweet, 1. pilih tweet
  • Akan ada 2 pilhan Retweet, bagian atas adalah Retweet terbaru yang disarankan Twitter dan Retweet lama yang dapat diedit.
menulis RT twitter
new style retweet

menulis RT twitter
cara retweet yang diedit
  • Untuk Retweet terbaru, anda hanya mengklik tombol RT yang disediakan (lihat gambar) dan jika menggunakan cara lama anda bisa mengedit tweet tersebut sehingga dapat memberi tambahan kata pada tweet tersebut. Tulis terlebih dahulu kata yang diinginkan kemudiaan klik tombol RT yang ada dibawah kotak tweet. Hasilnya akan tampak seperti screenshot dibawah.
menulis RT twitter
hasil RT yang diedit

Bagi anda pengguna Blackberry, pada aplikasi Twitter for Blackberry terdapat menu 'quote'. Quote ini merupakan pengganti fungsi RT.

Ada ratusan twitter client lain yang bisa digunakan untuk mempermudah melakukan retweet, yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah ubersocial & twetdeck. Demikian penjelasan singkat tentang RT / retweet, semoga dapat membantu.

Komentar