Inilah Dampak Globalisasi Bagi Peradaban Manusia

ISBD - Dampak Globalisasi Bagi Peradaban Manusia. Kebudayaan Nasional adalah kebudayaan kita bersama yakni kebudayaan yang mempunyai makna bagi kita bangsa Indonesia. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan kebudayaan Indonesia yang sangat melimpah. Karena Indonesia sangat kaya akan budaya dan juga bahasa yang begitu banyak. Hampir di setiap provinsi di Indonesia mempunyai kebudayaan sendiri dan kebudayaan disuatu provinsi tersebut selalu berbeda dengan kebudayaan di provinsi lain. Kebudayaan Indonesia begitu beragam, mulai dari berbagai macam kesenian, bahasa, adat istiadat, pakaian adat, makanan khas dan berbagai macam tari-tarian dan lagu daerah.

Arus globalisasi saat ini telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya Indonesia. Derasnya arus informasi dan telekomunikasi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya.

Masuknya budaya asing membuat rakyat Indonesia mulai menjauhi dan melupakan budaya negara. Sebagai contoh, masyarakat cenderung lebih memilih makanan di restoran cepat saji daripada di restoran biasa.

Dampak lain dari globalisasi terhadap peradaban manusia diantaranya masyarakat mengalami anomi/tidak punya norma atau heteronomy/ banyak norma, sehingga terjadi kompromisme sosial terhadap hal-hal yang sebelumnya dianggap melanggar norma tunggal masyarakat. Sebagai contoh, gaya berpakaian remaja Indonesia yang dulunya menjunjung tinggi nilai norma kesopanan pakaian yang cenderung tertutup kini telah berubah mengikuti perkembangan jaman. Ada kecenderungan bagi remaja putri di kota-kota besar berpakaian minim dan ketat yang memamerkan bagian tubuh tertentu. Budaya berpakaian minim ini dianut dari film-film luar negeri yang ditransformasikan kedalam sinetron-sinetron Indonesia. Derasnya arus informasi, yang juga ditandai dengan hadirnya internet, turut menyumbang bagi perubahan.