Alasan MUI mengharamkan film 2012

Film 2012 diharamkan MUI Malang. Cukup menarik bahwa film 2012 diharamkan oleh Majelis Ulama Malang. Sebab, film 2012 dinilai meresahkan masyarakat terkait datangnya hari kiamat pada 2012. Ketua MUI Malang KH Mahmud Zubaidi mengatakan pengharaman ini sebagai respon terhadap isi cerita film tersebut yang terlalu jauh menceritakan waktu datangnya kiamat pada 2012.

Sedangkan Ketua MUI Jabar KH Hafidz Utsman mengaku prihatin dengan mencuatnya kontroversi mengenai film 2012. Menurut dia, tidak ada yang perlu diributkan dari film ini karena seperti karya seni komersial lain, film 2012 bukanlah mengedepankan fakta, melainkan hanya fiksi belaka.

Dengan adanya fatwa haram MUI Malang secara tidak langsung justru mendongkrak film 2012. Niatnya mengimbau orang agar tidak menonton, justru makin penasaran untuk menonton. Apalagi ideologi di balik film 2012 bukanlah ideologi agama, tetapi kapitalisme yang berprinsip mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Sebenarnya film-film mengenai kiamat seperti deep impact, the day after tomorrow dan 2012 selalu ada pesan dan mengandung hikmah dalam kehidupan. Film 2012 menjawab rasa ingin tahu kita bahwa kiamat itu seperti apa, meskipun kita tidak setuju dengan harinya yang sudah ditetapkan, yakni tanggal 21 Desember 2012.

Sumber olah: made ayu nita T.D (kompas)

Komentar