Manfaat yang didapat dari daun pepaya

Setiap bagian daun pepaya dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, buah, bahkan biji buahnya.Dibawah ini, kita akan mengupas manfaat daun daun pepaya yang memiliki seabrek manfaat ini. Apa sajakah itu?

Obat jerawat
Daun pepaya juga bisa mengatasi jerawat yang membandel. Caranya ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Menambah nafsu makan

Tak sulit membuat penambahan nafsu makan ini, siapkan daun papaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk/ dibelender. Kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Anti kanker

Dari beberapa penelitian dijelasakan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah seperti susu (white milk latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai anti kanker, sebagaimana di kutip dari journal society of biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apapun.

Memperlancar pencernaan
Senyawa karpain yang dikandung daun papaya ampuh menghambat kinerja mikro organisme yang mengganggu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.

Obat demam berdarah

Campur 5 lembar daun papaya, temu lawak, meniran secukupnya dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian didinginkan sebelum diminum.

Obat nyeri haid

Ambil 1 lembar daun papaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak. Dinginkan sebelum diminum.

Komentar