Inilah Rahasia Besar Dibalik Berwudhu

Inilah Rahasia Besar Dibalik Berwudhu - Sepintas lalu berwudhu terlihat sederhana, membasuh anggota tubuh tertentu, dan kemudian selesai. Tidak! Berwudhu tak sekedar menyiramkan air suci pada anggota tubuh saja, tetapi juga baik buat kesehatan. Berwudhu secara sempurna efektif mencegah timbulnya pengapuran pada urat saraf. 

Dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat, Madya Wratsungko & Sagiran menjelaskan bahwa telapak tangan luar yang mengarah ke setiap ujung jari, terdapat ujung syaraf yang keras seperti kawat baja dan halus sebesar rambut yang berfungsi untuk membuang kelebihan listrik negatif dari setiap organ tubuh kita.

Kalau ujung syaraf ini tersalut oleh pengapuran, dia akan menyebabkan endapan listrik yang makin lama makin tinggi. Selanjutnya mengacaukan sensorik dan motorik bahkan menyebabkan sel otak mendidih, bisa-bisa seperti CPU yang terbakar karena kabel listriknya korslet. Pada tubuh, hal ini akan mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi lemah dan berpotensi menimbulkan kemungkinan munculnya berbagai penyakit.

Makanya, dalam literatur fiqih, berwudhu memakai istlah membasuh (ghasal), bukan mengusap (masah). Disunnahkan pula ketika berwudhu untuk menggosok sela-sela diantara jari-jari. Inilah salah satu rahasianya. 

Demikianlah Rahasia Besar Dibalik Berwudhu. Semoga menambah wawasan anda.
(arifin/berbagai sumber)