Cara memperoleh pekerjaan bagi yang belum berpengalaman

Hampir setiap lowongan pekerjaan selalu menuliskan kriteria pelamar harus yang mempunyai pengalaman kerja walaupun hanya 1 tahun. Trus, bagaimana nasib pelamar yang belum mempunyai pengalaman kerja. Apakah akan tersisih sebelum tes wawancara? Tentu saja tidak, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.


Untuk bisa mendapat pekerjaan, tentu saja Anda perlu berupaya. Pada awalnya, mulailah dengan membuka diri untuk mendapatkan berbagai informasi tentang kebutuhan tenaga kerja.

Selain itu, perlu membangun jejaring (networking) dengan orang-orang yang Anda kenal, dan dari sana Anda bisa mengembangkan jejaring ke orang-orang lain yang belum Anda kenal. Dengan demikian, melalui mereka pencarian informasi lowongan kerja yang tersedia bisa semakin luas. Informasi tentang lowongan juga bisa Anda lihat di berbagai media. Selain koran, saat ini banyak institusi yang beraktivitas sebagai rekruter, untuk membantu orang-orang yang mencari kerja, dan sebaliknya membantu perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Biasanya mereka menyediakan sarana informasi yang bisa Anda lihat melalui internet.

Sambil mencari informasi, Anda juga perlu menelusur potensi Anda. Apa saja kekuatan diri yang bisa menjadi modal dalam berkarya dan berkontribusi diperusahaan. Di sisi lain Anda perlu mengenali area lain dalam diri Anda, yang masih memerlukan pengembangan. Dengan demikian Anda akan lebih tepat dalam membuat pilihan-pilihan.

Setelah ada beberapa lowongan yang bisa Anda coba, maka susunlah surat lamaran dan CV yang menarik, untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan Anda dalam memasuki proses seleksi tenaga kerja. Kirimkan surat lamaran sebanyak mungkin ke berbagai perusahaan. Dengan demikian Anda bisa berharap memperoleh peluang yang lebih besar untuk dipanggil ke proses seleksi selanjutnya. Setiap tahap seleksi harus Anda lalui secara antusias, fokus, percaya diri, penuh rasa syukur, sehingga potensi positif diri Anda akan semakin terpancar.

Dalam berburu pekerjaan. Anda juga perlu melakukannya secara fulltime. Artinya buat perencanaan yang terstruktur dan laksanakan rencana Anda. Artinya perilaku Anda dalam mencari pekerjaan tidak berbeda dengan kebiasaan yang akan Anda lakukan pada saat Anda sudah bekerja kelak. Selamat berburu pekerjaan.^^ (wi)

Komentar