Supaya handphone tidak lambat (lemot)

Mungkin kita sering dengar teman kita mengeluh handphonenya yang symbian khususnya sering mengalami lemot. Nah, ini ada beberapa tips sederhana supaya hp kita bisa lebih cepat.


- Pindah pesan
Buat yang sering menyimpan pesan banyak dan sering tranfer data. Disimpan di memory internal / drive c akan membuat handphone begitu sengsara saat menganalisa data dan sistem yang berjalan. Oleh karena itu pemindahan lokasi bisa sedikit membantu agar cepat. Dari aslinya Drive C pindahkan ke memory card, caranya masuk saja ke messaging > options > settings > other > memory in use (ganti dengan memory card)

- End task saat multi tasking
Yang saya tahu multi tasking itu membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya. Contohnya waktu membuka aplikasi game kita mendapat sms, kita bisa langsung membuka sms tersebut tanpa harus menutup aplikasi game.
Nah, dari kerja multitasking inilah yang membuat hp kita lemot. Kalau mau
hp kita bisa cepat lagi, ya harus menutup aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Males banget memang kalau harus menutup satu per satu aplikasi yang banyak. Biar cepat caranya, waktu di dekstop, tekan tombol menu dan tahan, nanti muncul aplikasi-aplikasi yang barusan dibuka, terus tekan C kemudian pilih yes. Sudah ketutup deh aplikasinya.

- Install aplikasi dan simpan data ke memory card
Sistem operasi biasa disediakan dua buah memory yang bisa digunakan menginstall aplikasi, memory internal dan memory ekternal (slot memory). Setiap menginstall aplikasi, simpan selalu di memory eksternal agar kinerja handphone tidak terganggu akibat besarnya ukuran aplikasi.

Komentar