Mencegah anak kekurangan vitamin D

Menurut sebuah laporan, lebih dari 36 juta anak Amerika kekurangan vitamin D pada musim dingin. Kadar rendah nutrien ini dapat menyebabkan penurunan fungsi, menghambat pertumbuhan, dan bahkan menyebabkan diabetes tipe 1. Lalu bagaimana mengatasinya, berikut beberapa langkah sederhana dapat meningkatkan kadar vitamin D. Terdiri dari:


Sajikan mentega
Untuk disimpan di dalam tubuh, vitamin D harus menempel dengan protein pengikat di dalam liver. Lemak-lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dapat menghambat proses pengikatan penting ini. Cara termudah untuk mengatasinya adalah sajikan hidangan dengan mentega 2 kali seminggu. Lemak jenuh dalam dosis kecil ini menunjukkan memfasilitasi proses pengikatan vitamin D untuk menjaga kadar nutrien ini tetap tinggi.

Libur dari sunscreen
Sunscreen sangat penting untuk melindungi anak dari kerusakan matahari. Tapi terus menerus menggunakannya dapat menghambat tubuh memproduksi vitamin D karena kulit mengubah radiasi sinar ultraviolet menjadi vitamin D lewat proses yang disebut vitamin D synthesis. Sunscreen menghambat produksi dengan memblokir sinar UV. Kabar baiknya, paparan sinar matahari hanya 10 menit, 2 hari seminggu dapat membantu tubuh anak memproduksi sejumlah vitamin D tanpa membahayakan kulit.

Redakan stres
Menurut penjelasan ahli metabolik. Lebih dari 67% anak secara rutin mengalami stres. Lama kelamaan, keresaan ini dapat menghambat produksi vitamin D.Penyebabnya sebagai berikut:
tubuh menarik simpanan kolesterol untuk memproduksi vitamin D. Tapi tubuh juga menggunakan kolesterol ketika memproduksi hormon stres, cortisol. Produksi cortisol didahulukan karena stres adalah kode sinyal merah. Akibatnya, jumlah kolesterol berkurang. Jika anak Anda rentan gelisah, suruh istirahat dan lakukan aktivitas yang menyenangkan, misalnya bermain petak umpet di halaman belakang. Cara ini bisa mencegah stres sebelum menggangu produksi vitamin D. (aura)

Komentar