Langkah jitu agar tepat waktu

Berikut beberapa langkah supaya Anda dapat tepat waktu dan meninggalkan kebiasan terlambat yang dirasa sangat menggangu aktifitas keseharian.
Langkah-langkah tersebut antara lain:

- Paling tidak satu sebelum jadwal pertemuan/acara, buatlah semacam daftar yang berisi hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah atau kantor. Persiapkan pula tas, baju dan barang-barang lain yang nanti akan dikenakan atau dibawa. Selain agar tidak merepotkan saat berangkat nanti, langkah ini pun dimaksudkan untuk lebih menghemat waktu, pastikan pula tangki bensin terisi penuh (kalau membawa kendaraan) dan Anda memiliki uang tunai yang cukup di dalam kantong untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan.

- Jika ada rekan/keluarga yang ikut bersama Anda, ingatkan mereka untuk melakukan segala persiapan sama seperti yang dilakukan diatas. Misalnya Anda hendak mengantar anak terlebih dahulu, siapkan pakaian dan buku-buku pada malam harinya. Sehingga esok pagi si anak sudah siap berangkat.

- Berangkatlah lebih awal dari perkiraan waktu yang ditentukan. Misalnya, jika memperkirakan dari tempat A ke tempat B bisa ditempuh dalam waktu 1/2 jam, ada baiknya untuk berangkat paling tidak 45 menit lebih awal untuk menghindari kebosanan akibat menunggu terlalu lama, bawalah buku/majalah untuk menemani Anda.

- Jika tidak tahu persis tempat pertemuan tersebut maka Anda harus berangkat lebih awal lagi. Cari tahu lebih dahulu, baik dengan menanyakan kepada orang yang dituju atau dengan melihat peta. Peta yang selalu tersedia di dalam mobil tampaknya sudah menjadi keharusan jika Anda sering melakukan pertemuan di berbagai tempat.

- Carilah jalur alternatif yang memungkinkan Anda lebih cepat sampai tujuan. Hal ini tentu saja tidak dapat dicoba-coba saat Anda sedang meluncur ke tempat tujuan, melaikan luangkan waktu pada saat yang tidak mendesak.

- Dengarkan radio selama di perjalanan untuk mengetahui kondisi lalu lintas.

- Terakhir, lihat terus jam Anda untuk mengetahui berapa banyak waktu yang tersisa.

Semoga bermanfaat

Komentar