Kiat hemat belanja bahan makanan

Belanja bahan makanan termasuk salah satu bidang di mana bisa mengurangi pengeluaran. Dengan perencanaan dimuka, Anda bisa menghemat banyak ketika belanja di supermarket dan lebih banyak uang yang masih tersisa di dompet.


Buat buku daftar harga
Sistem mudah ini membantu untuk mencatat harga terbaik dari produk favorit Anda. Dengan sekali lihat, Anda tahu, Anda mendapatkan harga terbaik.
- Beli binder 3 ring
Pilih ukuran yang cukup kecil sehingga bisa dimasukkan ke dompet atau tas. Bisa juga beli notebook spiral. Kelebihan binder adalah, Anda bisa menambahkan halaman atau ganti kertas dengan mudah.
- Buat kategori makanan
Sediakan 1 atau 2 halaman untuk jenis bahan makanan tertentu yang Anda beli. Misalnya makanan kalengan, makanan kotak, hasil bumi, daging, produk susu, snack, dan lain-lain.
- Catat kwitansi atau struk belanja
Buat lima kolom pada setiap halaman. Tulis tanggal, apa yang dibeli (termasuk merk), ukuran, dan harga. Beri catatan jika barang itu sale. Tuliskan nama toka, supermarket, pasar tradisional, toko convenience atau bahkan pom bensin di mana Anda melakukan pembelian.
- Bawa binder Anda
Anda akan bisa mencari satu produk dan langsung tahu harganya mahal atau murah. Tetapkan batas harga maksimum dan jangan beli jika harganya terlalu mahal. Anda akan mulai mengetahui tren juga. Misalnya, seberapa sering toko mengadakan sale makanan kaleng, daging, hasil bumi, alat tulis dan lain-lain.

Belanja Cerdik
Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk menambah uang tabungan.
- Makan sebelum belanja
Pergi ke toko dengan perut lapar termasuk salah satu penguras dana terbesar. Di saat lapar, segala sesuatu tampak begitu menggoda.
- Bawa uang tunai
Anda tak akan belanja berlebihan jika tidak membawa kartu kredit atau kartu debit. Gunakan buku harga, daftar belanja, dan fliers untuk memperkirakan jumlah uang yang Anda perlukan. Buat rencana membeli barang yang kebetulan sedang diskon dengan menambahkan sejumlah uang.
- Gunakan strategi
Lihat ke atas dan kebawah rak supermarket untuk mendapatkan harga terbaik, periksa barang di belakang produk di depan rak untuk ukuran bonus yang lebih besar. (aura)

Komentar