Khasiat kapri manis

Kapri manis termasuk salah satu favorit para koki karena cepat matang. Sayangnya, sayuran ini cepat busuk. Karena itu, jangan beli untuk digunakan minggu berikutnya. Beli satu atau dua hari sebelum digunakan. Pilih yang gemuk, kencang, dengan warna hijau merata. Jika ada warna kuning, pertanda kapri mulai kering atau layu. Berikut, khasiat kapri manis.


1. Meningkatkan energi
Kapri manis mengandung 76 mg vitamin C per cup. Meningkatkan intake antioksidan ini dapat memperbaiki energi hanya dalam 2 minggu. Hal ini disebabkan vitamin C dapat mencegah kerusakan sel-sel di dalam kelenjar adrenal akibat radikal-radikal bebas. Hasilnya, output kelenjar adrenal: hormon adrenalin yang membangkitkan energi mencapai kadar optimum.

2. Mencerahkan kulit
Dua genggam kapri manis memberikan sejumlah penyelamat kulit vitamin A dan magnesium. Jika dikonsumsi, vitamin A mempercepat pembaharuan sel-sel kulit sehingga mencegah pori tersumbat dan mencegah jerawat dalam 15 hari. Magnesium meningkatkan produksi kolagen tubuh, protein struktural yang membuat kulit tampak halus dan kencang.

3. Meredakan stres
Satu saji kapri manis memberikan 20% Angka Kecukupan Gizi vitamin B6. Studi-studi di University of Reading, Inggris, menunjukkan, nutrien ini menstimulir produksi serotonin dan dopamine. Neurotransmitter penting ini memperbaiki respons tubuh terhadap stres dan keresahan. Juga mencegah rasa murung.

4. Sirkulasi optimal
Karena kaya folate, kapri manis menurunkan resiko penyakit jantung sampai 40%. Para ahli Harvard University menemukan, nutrien ini menurunkan timbunan homocysteine yang merusak arteri dengan melapisinya dengan methiomine, sejenis asam amino yang menguatkan dinding-dinding pembuluh darah dan mencegah pengumpulan darah. (aura)

Komentar