Kanker menjadi penyebab kematian utama di dunia

Para periset memperkirakan kanker akan menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia pada tahun 2010. Laporan World Cancer Report terbaru yang dikeluarkan The International Agency for Research on Cancer mengungkapkan, negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah akan mengalami kasus kanker dan angka kematian yang lebih tinggi dibanding negara-negara industri.


Laporan juga mengatakan, kanker meningkat dua kali lipat secara global dari tahun 1957 sampai 2000. Diperkirakan angka akan meningkat dua kali lipat lagi di tahun 2020 dan mendekati 3 kali lipat di tahun 2030. Hal ini menunjukkan, jumlah orang yang hidup dengan kanker atau meninggal karena kanker akan bertambah besar.

Menurut perkiraan, kasus kanker diagnosa baru di seluruh dunia mencapai 12 juta kasus, lebih dari 7 juta orang akan meninggal karena penyakit ini. Angka proyeksi untuk tahun 2030 adalah 20 juta sampai 26 juta kanker diagnosa baru dan 13 juta sampai 17 juta kematian.

Peningkatan lebih besar terjadi di Cina, Rusia, dan India. Alasan peningkatan kasus ini antara lain menerapkan kebiasaan hidup orang barat seperti merokok, konsumsi diet tinggi lemak, perubahan demografis seperti peningkatan jumlah penduduk sampai 38% di negara-negara kurang maju dari tahun 2008 sampai 2030. (UPI/aura)


Komentar