Chamomile untuk pengobatan

Pernah melihat menu Chamomile tea di coffee shop? Sebetulnya tanaman itu tidak masuk dalam rumpun teh, melainkan bunga dari tanaman Chamomile yang diramu menjadi campuran dalam teh dan memiliki berbagai khasiat.


Di Prancis dan Spanyol, Chamomile sudah sejak lama populer untuk penyembuhan. Kelopak bunganya mengandung minyak volatile, opinegin, dan unsur-unsur yang mengandung obat-obatan. Percobaan membuktikan chamomile mengandung zat-zat yang bekerja di otak dan syaraf seperti obat bius. Zat ini bisa memberi ketenangan, merelaksasi otot dan melepas stres. Itu sebabnya, Chamomile bisa digunakan untuk mengontrol insomnia dan stres serta berpengaruh merilekskan otot-otot uterus sehingga mengurangi kram saat menstruasi.


Anda ingin menggunakannya secara rutin dalam bentuk kapsul atau larutan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Jika ingin cara aman. Minum 2-3 cangkir teh chamomile sehari. Untuk pengobatan, gunakan 2 sendok chamomile kering dalam 8 ons air. Tuangkan air panas (bukan mendidih) ke atasnya. Diamkan 5 menit, lalu saring. Karena Chamomile dalam teh itu sedikit sekali volatile oil-nya (zat menyembuhkan), maka harus diminum secara rutin walau Anda tidak menderita sakit apapun. (erma/chic)

Komentar