Akupuntur sebagai pengobatan alternatif

Seni pengobatan dari China ini kini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pengobatan alternatif dengan tusuk jarum ini memang memiliki banyak manfaat, tak hanya kesehatan tubuh tapi juga kecantikan.


Seperti pada umumnya pengobatan China tradisional, akupuntur ini menggunakan prinsip keseimbangan Yin dan Yang dalam melakukan pengobatan. Jarum yang ditusukkan ke beberapa titik tertentu di permukaan tubuh berusaha untuk menjaga dan mempertahankan Qi (energi) agar tetap seimbang. Dengan adanya keseimbangan di dalam tubuh manusia, kesehatan adalah buah yang dapat dipetik. Sementara itu seperti layaknya sebuah lingkaran, dengan tubuh yang sehat tersebut, kecantikan secara alamiah pun dapat diperoleh.

Jarum yang digunakan pun semakin beragam, mulai dari emas, perak atau stainless steel. Berbeda halnya dengan sekitar 5000 tahun yang lalu, dimana jarum yang digunakan tersebut dari bambu/batu.

Pengobatan akupuntur ini pun tidak bisa sembarangan dilakukan. Tetap harus melalui serangkaian tahap pemeriksaan terlebih dahulu, langkah pertama dengan mengamati raut wajah, lidah dan gerak pasien. Warna lidah menjadi indikasi-indikasi sebuah penyakit. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pendengaran/penciuman, dimana akupuntur mencoba mendeteksi penyakit melalui bau keringat dan mulut pasien, yang ketiga wawancara pasien dilakukan untuk mengetahui keluhannya/riwayat penyakitnya dan dilanjutkan dengan perabaan di titik-titik akupuntur.

Pengobatan yang dapat dilakukan akupuntur untuk kesehatan antara lain bagi yang mengalami stroke, diabetes, asma, migrain, sulit tidur dan lain-lain. Sementara itu akupuntur kecantikan dapat dilakukan untuk menangani masalah jerawat, lingkaran hitam pada mata, menghambat proses penuaan, rambut rontok, melangsingkan tubuh, dll.

Begitu banyaknya orang yang ingin tampil cantik dengan cara cepat membuat akupuntur pun menjadi pilihan. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena tingkat keberhasilan akupuntur juga dipengaruhi oleh tingkat kedisiplinan pasien. Misalnya pasien ingin melangsingkan tubuh tidak cukup hanya melalui serangkaian tahap pengobatan akupuntur, tapi juga harus diimbangi dengan diet teratur yang sehat. Semakin disiplin si pasien tersebut hasilnya pun semakin sempurna.

Tak hanya di Indonesia akupuntur juga sudah di belahan dunia lain, seperti Amerika, Perancis, Inggris dan masih banyak lagi. Pengobatan alternatif ini menjadi salah satu solusi untuk mengobati sebuah penyakit, kendati teknologi kedokteran yang dimiliki di negara maju tersebut sudah sangat maju.

Komentar