Agar berat badan tidak naik pada saat liburan

Musim liburan sering jadi tantangan bagi yang menjaga berat badan. Padahal ada cara untuk ikut dalam kegembiraan tanpa membuat berat badan naik. Berikut, beberapa saran agar berat badan tidak naik pada musim liburan.


- Sebelum ke pesta, makan snack ringan. Tiba dengan rasa lapar bisa membuat makan berlebihan. Selain itu, tawarkan untuk membawakan hidangan favorit Anda yang lebih sehat untuk memastikan Anda punya opsi yang lebih baik.

- Jangan berada di dekat makanan. Dekat di mata meningkatkan godaan.

- Latihan mengatur porsi yang baik. Isi piring dengan separuh sayuran, 1/4 protein dan 1/4 karbohidrat. Hindari minuman kedua dan ketiga. Untuk dessert, pilih hanya yang paling Anda sukai dan makan dalam porsi yang lebih kecil.

- Kurangi intake lemak dengan membuang kulit ayam. Selain itu, masukkan gravy ke kulkas, lalu ciduk lemaknya yang mengeras.

- Perhatikan minuman kalori tinggi. Minum eggnog dan sejenis dalam gelas kecil, lalu seimbangkan dengan banyak air putih untuk mengendalikan nafsu makan.

- Makan hanya sekali, jangan makan sepanjang malam. Makan terus dapat menimbun kalori dalam waktu cepat. Jadi, seimbangkan dengan hanya makan sekali selama pesta.

- Jika mengadakan pesta di rumah, berikan makanan yang tidak habis dimakan. Siapkan banyak wadah agar para tamu bisa membawanya pulang.

- Fokus pada percakapan atau aktivitas dengan keluarga atau teman, ketimbang pada makanan. Sebagai contoh, ajak keluarga jalan-jalan sesudah makan hidangan utama. (aura/healthday)

Komentar