Mendorong diri sendiri menjadi pegawai berprestasi

Banyak diantara kita yang mengatakan tak suka diperintah di tempat kerja, tapi berapa banyak yang bisa mengatur diri sendiri? Dunia ini penuh dengan orang-orang yang menunggu seseorang datang dan memotivasi mereka menjadi orang seperti yang mereka inginkan. Yang jadi masalah adalah, tak seorangpun yang akan datang menolong. Orang-orang ini menunggu bis di jalan yang tidak di lewati bis.

Jika mereka tidak mengatur hidup mereka sendiri dan memberi dorongan kepada diri sendiri, mereka akan menunggu selamanya. Dan itulah yang dilakukan sebagian besar orang.

Menurut Brian Tracy, hanya sekitar 2% orang yang dapat bekerja tanpa pengawasan sama sekali. Orang-orang ini disebut 'pemimpin'. Hendaknya kita menjadi orang seperti ini dan kita bisa, jika mau. Untuk mencapai potensi kita yang sepenuhnya, kita harus membentuk kebiasaan memberikan tekanan kepada diri sendiri dan tidak menunggu orang lain datang dan melakukan sesuatu untuk kita. Kita harus memilih tugas yang paling menantang tapi bermakna dan lalu mengerjakannya sesuai dengan urutan kepentingannya.

Pemimpin lapangan
Anggap diri Anda sebagai contoh untuk orang lain. Tinggikan penghambat untuk diri sendiri. Standar yang Anda tetapkan pekerjaan Anda dan perilaku Anda harus lebih tinggi dibanding yang bisa ditetapkan orang lain untuk Anda.
Dorong diri Anda untuk memulai lebih awal, bekerja lebih keras dan pulang lebih lambat. Selalu cari cara-cara untuk berjalan lebih jauh, mengerjakan lebih dari jumlah uang yang dibayarkan kepada Anda.

Segala sesuatu yang Anda lakukan atau tidak Anda lakukan, meningkatkan atau menjatuhkan reputasi Anda. Kabar baiknya, Anda akan merasa senang setiap kali Anda mendorong diri Anda untuk mengerjakan yang terbaik. Anda meningkatkan self-esteem Anda setiap kali melewati titik dimana kebanyakan orang biasanya berherti.

Ciptakan batas waktu bayangan
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi sifat menunda dengan bekerja seakan Anda hanya punya satu hari untuk menyelesaikan tugas yang paling penting. Banyangkan setiap hari Anda menerima pesan darurat dan Anda harus meninggalkan kota selama sebulan. Jika Anda harus meninggalkan kota selam sebulan, apa yang harus Anda selesaikan sebelum berangkat? Apapun jawabannya, kerjakan tugas tersebut sekarang juga.

Cara lain untuk memberikan tekanan kepada diri sendiri adalah dengan membayangkan. Bahwa Anda menerima bayaran penuh liburan seminggu di resort indah sebagai hadiah. Tapi Anda harus berangkat keesokan hari atau hadiah itu akan diberikan kepada orang lain. Apa yang akan Anda selesaikan sebelum berangkat sehingga bisa menikmati liburan itu, apa pun tugas itu, kerjakan sekarang juga.

Orang sukses secara terus-menerus memberikan tekanan kepada diri mereka sendiri untuk bekerja dengan kinerja tingkat tinggi. Orang yang tidak sukses harus diperintah dan diawasi dan ditekan oleh orang lain. Dengan memberikan tekanan kepada diri sendiri, Anda akan menyelesaikan lebih banyak tugas secara lebih baik dibanding sebelumnya. Anda akan menjadi orang dengan kinerja tinggi dan prestasi tinggi. Anda akan merasa luar biasa dengan diri sendiri dan sedikit demi sedikit membangun kebiasaan menyelesaikan tugas dengan cepat yang selanjutnya akan membuat seluruh hari dari hidup Anda jadi menyenangkan.

(sumber: Eat That Frog! 21 Great Way to Stop Procrastinating anda Get More Done in Less Time by Brian Tracy/aura)

Komentar