Diet protein tinggi dapat mencegah kehilangan tulang

Riset yang didanai Illinois Council on Food and Agricultural Research, National Cattlemen's Beef Association, Beef Board, Kraft Foods, dan USDA, menemukan, diet yang menekankan pada protein dan kalsium, terdiri dari daging tak berlemak dan produk susu rendah lemak, dapat mencegah kehilangan tulang.


Dalam studi, para periset menugaskan 130 partisipan secara acak untuk mengikuti diet penurunan berat badan piramida makanan konvensional atau program diet yang dikenal sebagai diet Layman (dinamakan menurut periset Donald Layman dari University of Illinois di Urbana-Champaign) yang meresepkan 30% dari semua kalori dari protein. Sebelumnya Layman menemukan, diet penurunan berat badan tinggi protein melindungi massa otot, membantu menurunkan gula darah dan lipid dan memperbaiki komposisi tubuh.

Para periset mengganti makanan tinggi karbohidrat dalam piramida makanan dengan daging tak berlemak, susu, keju, dan yogurt rendah lemak. Partisipan juga makan 5 saji sayuran dan 2 sampai 3 saji buah setiap hari. Hasil studi menemukan, kesehatan tulang menurun pada grup menjalankan diet konvensional yang lebih tinggi karbohidrat.

Menurut para periset, kombinasi dan atau interaksi protein makanan, kalsium dari produk susu dan tambahan vitamin D dalam produk susu yang difortifikasi tampak melindungi kesehatan tulang selama penurunan berat badan. Hasil studi diterbitkan dalam Journal of Nutrition. (aura)

Komentar