Bahan alamiah untuk perawatan kecantikan

Kita membelanjakan banyak uang setiap tahun untuk produk kecantikan. Padahal kita bisa hemat uang dan waktu jika menggunakan bahan-bahan alamiah di dapur atau lemari pendingin. Nilai tambah lainnya memperkecil risiko merusak kulit. Berikut, beberapa bahan berkhasiat.


Avokad
Buah yang kaya vitamin dan enzim ini memberikan perawatan dari luar dan dalam. Kulit buah terutama merupakan sumber minyak yang penting untuk kecantikan. Makan daging buahnya dan gunakan kulitnya untuk perawatan kecantikan. Pijatkan bagian dalam dari kulit buah avokad ke wajah. Diamkan 15 menit. Anda juga bisa istirahat dengan menempelkan irisan buah avokad pada mata untuk meredakan sembab. Atau gosokkan buah avokad yang dihaluskan ke kulit
dan bilas sesudah 15 menit.

Pisang
Kaya potassium dan pelembab yang baik untuk rambut dan kulit. Bisa digunakan tersendiri dengan menghaluskan pisang dan menggosokkannya ke wajah, leher, dan rambut. Opsi lain: tambahkan havermut pada pisang untuk dijadikan maker eksfoliasi. Atau tambahkan madu untuk lebih menghaluskan kulit.

Minyak zaitun
Dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dalam berbagai cara. Untuk kuku dan kutikula, rendam dalam minyak zaitun atau pijatkan minyak zaitun pada kutikula. Gunakan di malam hari untuk melembabkan tangan. Lalu kenakan sarung tangan. Oleskan pada bibir untuk melembabkan dan menghaluskan. Gunakan pada rambut untuk memperbaiki ujung rambut bercabang, mengatasi ketombe dan membuat rambut mengilap. Beri beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air mandi berendam untuk melembabkan kulit. Sebagian orang menambahkan minyak zaitun esensial untuk menutupi bau minyak zaitun.

Kuning telur
Masker kuning telur dapat digunakan untuk memulihkan dan mengencangkan kulit. Kocok 1 butir kuning telur. Oleskan pada kulit dengan bola kapas. Diamkan 15 menit, lalu bilas bersih.

Madu
Digunakan untuk kulit berminyak atau berjerawat. Oleskan langsung dari botol ke wajah dan leher. Diamkan 15 menit. Bilas dengan air suam-suam kuku. Madu juga dapat dicampur dengan banyak ingredien alamiah lainnya untuk dijadikan masker.

Pepaya
Dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Enzim di dalam pepaya membantu melarutkan sel-sel kulit rusak dan mati, menyingkap kulit yang lebih sehat. Haluskan 1/2 buah pepaya dan oleskan ke wajah. Diamkan 10 menit. Lalu bilas bersih.

Stroberi
Haluskan dan gunakan sebagai pasta gigi untuk memutihkan gigi, juga bisa digunakan untuk mengatasi mata sembab dan mengangkat minyak dari kulit.

Daun basil
Dapat digosokkan ke gigi untuk memutihkan gigi. Juga dapat dikeringkan, dihaluskan dan digunakan sebagai pasta gigi. Basil juga mengandung zat-zat berkhasiat obat. (aura)

Komentar