5 Tips Mengatasi Kantuk Saat Berkendara

ngantuk
Ristizona.com - Setiap tahun dapat dipastikan angka kecelakaan selalu meningkat. Meski penyebab yang paling menonjol dari kecelakaan tersebut adalah kondisi kendaraan yang tidak laik, kelalaian pengemudi, seperti mengantuk juga menjadi faktor yang harus diperhitungkan.


Meski himbauan sudah sering dilakukan dan papan peringatan tentang bahaya mengantuk saat mengemudi terpasang dimana-mana, tapi tetap saja kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi yang mengantuk kerap terjadi. Untuk itu agar terjaga saat berkendara, Anda dapat mengikuti beberapa tip berikut:


pertama. Jika memungkinkan berkendaralah saat di luar masih terang, sesudah matahari terbit atau sebelum terbenam karena lingkungan yang relatif lebih gelap tubuh manusia lebih mudah mengantuk.

Kedua. Minum kopi merupakan cara yang kerap dilakukan dan cukup efektif dalam mengusir kantuk. Kafein yang ada pada kopi dapat meningkatkan kegiatan beberapa bagian susunan saraf pusat yang pada umumnya mengakibatkan orang merasa segar sampai sulit tidur (secara positif dianggap sebagai penghilang rasa kantuk). Tapi perlu diingat dosis kafein yang tinggi dapat berpengaruh terhadap denyut jantung dan frekuensi pernafasan.

Ketiga. Bawalah sekantung es saat berkendara. Jika rasa kantuk mulai melanda letakkan kantung tersebut di belakang leher dan pelipis mata sejenak, kalau kantuk hilang buka jendela dan biarkan berhembus menerpa bagian tubuh yang basah terkena embun es tadi.

Keempat. Putar musik kesukaan dari kaset, CD atau dari stasiun radio dan ikutlah berdendang. Anda bisa menggerakkan/mengetuk jari tangan pada kemudi atau menggerakkan kepala sedikit sambil mengikuti irama lagu.

Kelima. Cara terakhir yang paling efektif dan sangat dianjurkan adalah untuk menepi dan beristirahat sejenak, Anda bisa menggunakan tempat-tempat khusus yang sudah disediakan atau di bahu jalan, asal jangan lupa untuk memasang tanda peringatan agar pengendara lain tahu keberadaan Anda. Selamat mencoba. (kompas)