Ternyata Burung Kenal Bahasa

burung
Ristizona.com - Selama ini sudah diketahui bahwa burung dapat meniru suara. Kini kemampuanya bertambah lagi, burung dapat mengenali perbedaan bahasa. Hewan yang diketahui sudah memiliki kemampuan ini antara lain monyet, tikus dan beberapa mamalia. Kemampuan burung ini diketahui dari penelitian ilmuwan di Jepang.


Dilaporkan surat kabar Manichi Shimbun, kepada burung gelatik jawa dibacakan terjemahan novel Jepang berjudul The Tale of Genji dan I am A Cat karya Natsume Soseki ke dalam dua bahasa, Inggris dan China. Di satu sangkar, seekor burung diperdengarkan cerita dalam versi bahasa Inggris, sebelum makan. Kemudian, diperdengarkan
kembali cerita itu dalam dua versi, Inggris dan China. Ternyata si burung dapat mengenali bahasa Inggris dengan kecepatan 75 persen.

"Manusia mampu membedakan berbagai jenis bahasa dari intonasi maupun pengucapannya, meskipun tidak mengerti artinya" kata profesor psikologi Shigeru Watanabe dari Universitas Keio. Hal yang sama ternyata juga dapat dilakukan oleh burung."Jika kami mempelajari struktur otaknya, mungkin bisa memberikan petunjuk mengenai mekanisme pengenalan ucapan," kata Watanabe.

Menurutnya, burung pemakan biji-bijian seperti burung gelatik dan betet, yang memiliki kemampuan mengeluarkan suara bagus akan mempelajari berbagai suara yang unik di lingkungannya ketika dewasa.