Mudah lupa, Hindari stres

Melupakan hal-hal yang sepele pasti sering terjadi pada kita. Seperti lupa menaruh kunci atau lupa jadwal latihan. Hal ini tentunya sangat menggangu. Apalagi dengan bertambahnya usia, daya ingat semakin menurun. Ada beberapa tip dari bagian Ilmu Penyakit Saraf RSU dr Soetomo yang bisa dicoba untuk meningkatkan daya ingat.


- Katakan sesuatu dengan berulang akan membantu untuk mengingat
.
- Lakukan olah raga. Kegiatan fisik membuat jantung memompa otot bergerak. Sehingga, meningkatkan suplai darah dan nutrisi ke otak.
- Terus belajar. Belajar hal-hal baru. Seperti, bahasa kursus, dan menghadiri perkuliahan. Ini semua merupakan cara-cara untuk mengasah daya ingat.
- Tidur yang cukup dapat membantu daya ingat berfungsi maksimal. Sebab, keletihan dapat mengganggu informasi yang telah disimpan, begitu juga kemampuan untuk mempelajari sesuatu yang baru.
- Permainan. Untuk merangsang daya ingat, cobalah permainan catur atau scrabble.
- Mengontrol stres. Stres membuat Anda berpikir tidak jelas dan mengganggu daya ingat yang baik. Karena itu, lakukan relaksasi atau yoga.
- Hati-hati terhadap penggunaan obat tertentu. Beberapa antidepresan, antihistamin dapat melemahkan daya ingat. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obat tersebut. (kit)

Komentar