Tips Memilih Handphone Jadul / Bekas

Ristizona - Sekarang ini sudah banyak ponsel modern dengan menyuguhkan fitur-fitur yang bisa dikatakan sangat lengkap, mulai dari kamera, videocorder, pemutar music bahkan sampai yang bisa video call atau nonton acara tv lewat ponsel. Tapi untuk kita yang tidak punya uang lebih buat beli handpone atau yang tidak memerlukan fitur-fitur tersebut, ponsel–ponsel keluaran lama bisa jadi pilihan.
handphonebekas
bekas

Memang tidak banyak fitur yang menarik (sms dan panggilan saja) tapi ponsel jadul jauh lebih tahan banting kalau kita menjatuhkannya (tapi jangan keseringan lho). Nah, berhubung ponsel tersebut sudah tidak diproduksi lagi oleh vendor pembuatnya, kita terpaksa hanya bisa membeli yang bekas saja. Berikut ini tips untuk memilih ponsel jadul:
  • Bodi : periksa sekeliling bodi ponsel jadul yang mau dibeli, kebanyakan memang bodinya lecet tetapi bisa dipilih yang paling bagus.
  • Keypad : pencet- pencet keypad secara acak dan cepat, kalau responnya bagus berarti keypad masih sip. Atau bisa juga pencet keypad urut mulai dari 123, 456, 789, *0# secara urut dan cepat, kalau angka bisa muncul dilayar berarti keypad masih bagus
  • Layar : jangan pilih yang pudar atau ada noda hitam (dead pixel) di sebagian layar sinyal. Bisa di coba pakai kartu SIM yang sinyalnya paling lemah (tapi agak sulit untuk di daerah perkotaan), bandingkan dengan ponsel teman. Jika indikator kurang atau lebih sedikit dari ponsel teman kita. Jangan dibeli.
  • Speaker : Atur ke volume paling tinggi, bunyikan ringtone. Jika suara masih lemah berarti ada kerusakan dan mesti diganti jadi jangan dibeli.
  • Baterai : Gunakan baterai untuk panggilan (call) lihat apakah baterai banyak terkuras atau tidak, jika ya bisa jadi baterai tersebut sudah drop.
  • Mikrofon : Gunakan untuk memanggil nomor lewat ponsel teman, coba bicara. Kalau suara terdengar diponsel teman kamu jernih, berarti masih uokey. dan yang terakhir 
  • Bongkar ponsel : lihat apakah sudah perbah diservis, kalau terlihat banyak diservis jangan dibeli, buat apa beli ponsel yang sudah sering diservis kaya gitu.. betul…. Tapi kalau Cuma sedikit bisa ditolerin sih…
Nah itu beberapa Tips memilih/membeli handphone bekas, kalau bisa saat mau membeli kiat ajak teman yang benar-benar mengerti ponsel biar tidak ditipu sama penjual.